MENGENAL PENYEBAB KARANG GIGI

Mengenal Penyebab Karang Gigi dan Cara Pencegahannya - Alodokter

Sumber gambar alodokter.com

Penyebab karang gigi – karang gigi adalah penumpukkan plak yang terjadi di gigi. Biasanya lokasi garang gigi akan berdekatan dengan gusi. Hal ini terjadi karena plak yang menumbuk akan turun dan berkumpul pada dasar permukaan gigi.

Karang gigi sendiri susah susah gampang untuk diatasi. Salah satu cara yang paling umum dan mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan scalling. 

Scalling sendiri ada metode penanganan karang gigi yang melibatkan perangkat medis. Scalling dilakukan dengan melibatkan dokter gigi. Karang gigi akan dikikis dengan alat yang digunakan. Proses ini harus dilakukan secara rutin dan teratur, minimal selama 6 bulan sekali. 

Anda mungkin bertanya, jika cara ini dikatakan efektif, kenapa harus dilakukan secara teratur? Iya kan? 

Jadi begini. Karang gigi adalah gangguan kesehatan yang akan terus ada. Terlebih jika Anda malas untuk membersihkan gigi. Plak timbul atas kontak makanan dengan gigi. Dengan kata lain, setiap hari plak akan terus ada. Dan setiap hari pula, resiko munculnya karang gigi akan terus meningkat setiap harinya. Oleh karena itu, pembersihan karang gigi dianjurkan paling sedikit 6 bulan sekali. 

Nah, berbicara mengenai karang gigi, Anda juga mungkin bertanya begini; apa yang sebenarnya penyebab karang gigi

Penyebab dari karang yang ada pada gigi sangatlah beragam. Di bawah ini akan kita bahas apa saja hal yang dapat menyebabkan karang gigi. Hal-hal ini bisa Anda jadikan warning dan rujukan untuk tindak pencegahan di kemudian hari. 

MALAS MENYIKAT GIGI – PENYEBAB KARANG GIGI 

Sudah bukan rahasia lagi kalau karang gigi dapat disebabkan oleh malasnya menyikat gigi. Malas menyikat gigi akan menyebabkan plak menumbuk. Semakin banyak plam menumpuk, semakin besar peluang karang gigi terjadi. 

Oleh karenanya, untuk menjaga gigi agar tetap sehat Anda dianjurkan untuk menyikat gigi secara rutin dan teratur. 

Dikutip dari alodokter.com, sikatlah gigi paling sedikit 2 kali sehari. Lakukan saat pagi dan sebelum tidur. Jika perlu, Anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk meningkatkan efektivitas pembersihan gigi Anda. Dengan keduanya, kami yakin, gigi Anda akan terawat dan jauh dari karang gigi.

SEMBARANGAN DALAM MENGONSUMSI MAKANAN – PENYEBAB KARANG GIGI 

Ada beberapa makanan yang dapat menimbulkan penumpukan plak. Makanan-makanan tersebut tentu harus dihindari agar kemunculan karang gigi bisa diantisipasi. Adapun makanan-makanan yang dimaksud adalah makanan yang notabene memiliki lemak berlebih.

Oleh karena  hal tersebut, jika Anda ingin terhindar dari plak dan karang gigi, seyogyanya untuk memilih makanan dengan baik. 

Dikutip dari hellosehat.com, Anda dianjurkan untuk memilih makanan yang sekiranya tidak menimbulkan penumpukan plak. Dengan cara ini, Anda sedikit banyaknya akan terhindarkan dari resiko karang gigi. 

Tapi ingat, jangan jadikan ini alasan untuk tidak melengkapi nutrisi dalam tubuh Anda. Makanan yang berlemak di sini adalah makanan yang memiliki kandungan lemak berlebih. Bukan makanan yang mengandung lemak yang baik untuk tubuh. 

MEROKOK – PENYEBAB KARANG GIGI 

Perokok aktif umumnya akan memiliki karang gigi. Tahu kenapa? Karena rokok akan membuat gigi Anda mengering. Sederhananya, saat Anda memiliki plak pada gigi, dan kondisi gigi Anda mengering, karang gigi akan mudah sekali tercipta di sana. 

Selain itu, Anda bisa membedakan sendiri bagaimana kondisi gigi orang yang merokok dan tidak merokok. Nanti Anda akan tahu bahwa orang yang merokok umumnya memiliki karang gigi dalam mulutnya. 

Itulah beberapa penyebab karang gigi. Penyebab-penyebab di atas bisa Anda jadikan rujukan untuk kemudian hari.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>